Tidak Ada Yang Perlu Disombongkan Di Dunia

Semua yang ada pada kita hanyalah titipan Alloh yang harus dimanfaatkan sebaik-baiknya demi sesama

28 November 2021 - 10:00
Tidak Ada Yang Perlu Disombongkan Di Dunia

Saudaraku...,

Kita sering melihat, orang yang punya harta, kekayaan, punya pangkat dan jabatan, kecantikan, ketampanan dan lain sebagainya, sering dijadikan sarana kesombongan, dan berbangga diri.

Padahal, semua itu hanyalah sementara, dan tidak kekal. Dan kelak juga, pasti akan diambil lagi oleh sang pemiliknya, Alloh Subhanahu Wa Ta'ala.

Lalu, pantaskah manusia berjalan di atas bumi ini dengan berlagak sombong? Bukankah di hadapan Alloh derajat manusia itu sama?

Yang membedakan hanyalah amal sholeh, amal kebaikan, dan amal-amal yang kita kumpulkan selama kita hidup di dunia.

Dalam Qur'an Alloh berfirman:

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Alloh tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri."
(QS. Luqman.18)

Saudaraku...,

Kita lahir dalam keadaan tangan kosong, dan saat mati pun pasti dalam keadaan tangan kosong.

Oleh karenanya...,

Hilangkan rasa sombong dan berbangga diri, sebab, semua itu milik Alloh, kita hanya menumpang. Lantas, apa yang pantas untuk disombongkan?

Semoga, tulisan ini bisa menjadikan renungan untuk kita semua.

Yaa Alloh, ya Rohim...,
Ampunilah kami atas segala dosa dan kekhilafan kami...,
Karuniakanlah kami, rejeki yang halal dan berkah, agar kami dapat menggunakannya untuk sarana amal ibadah. Dan hidupkanlah kami dalam keadaan khusu' dan tawadhu' (rendah hati).
Robbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhiroti hasanah, waqina adzabannar.

Aamiin ya robbal alamiin...

 
KIKANATUR.com bukan pemilik artikel ini, artikel ini didapat dari grup percakapan online. Jika Anda pemilik sah artikel ini dan keberatan ditayangkan di KIKANATUR.com, silahkan hubungi kami menggunakan formulir kontak (tujukan kepada Klaim Artikel), cantumkan URL artikel ini dan bukti yang menguatkan bahwa artikel ini milik Anda, kami akan menghapusnya dari KIKANATUR.com. Terima kasih.
385 | 0 | 3 | 0,00 / 0 | 0
Kirim ke teman Versi cetak Komentar
Penilaian Saya